Tips dan Cara memilih Panci Presto yang Bagus

Panci-Presto

Dalam Era seperti sekarang ini memilih panci Presto yang bagus memang sudah sebagai keharusan bagi sebuah kehidupan rumah tangga , Panci Presto yang Bagus selalu dicari Misalnya saja sebagai ibu rumah tangga kita ingin membuat bandeng presto atau bebek presto.  Jika kita berniat membeli panci ini untuk pertama kali, atau kita ingin mengganti panci yang lama dengan yang baru, maka pada saat memilih di online kita memiliki begitu  banyak pilihan. Untuk membantu keputusan mengambil keputusan dalam memilih Panci Presto yang bagus , Evoucher  telah menyiapkan panduan memilih dan membeli panci presto yang bagus, sehingga Anda akan memperoleh panci presto terbaik yang cocok dengan kebutuhan

 

Jenis-jenis panci presto

Pertama-tama ada dua macam panci presto. Satu, terbuat dari aluminium dan kedua, terbuat dari stainless steel. Untuk mengetahui mana panci presto terbaik, berikut ini adalah perbedaan diantara keduanya :

Panci presto aluminium relatif lebih ringan, harganya lebih murah, dan kinerja pemanasannya merata karena konduksi panas yang sangat baik dari aluminium. Kelemahannya, jika sering digunakan (dalam waktu lama), akan meninggalkan bercak hitam jelaga pada bagian luar bawah panci. Ini adalah kelemahan dasar dari alat masak yang terbuat dari aluminium. Meskipun demikian hal itu tidak mempengaruhi kemampuannya dalam memasak. Alasan ekonomi adalah pertimbangan utama mereka yang memilih panci dari aluminium.

Panci presto stainless steel lebih kuat, lebih berat, dan harganya lebih mahal dari model aluminium. Sifat stainless steel yang tahan lama akan membuat umur pemakaian juga lebih lama dan panci tetap berkilau. Kelemahannya sifat stainless steel bukan konduktor panas yang baik dibandingkan aluminium. Untuk mengatasinya biasanya pada bagian luar bawah panci dilapisi campuran aluminium, sehingga akan meningkatkan karakteristik pemanasan dan kinerja panci karena menghilangkan “hot spot” yang biasanya terdapat pada peralatan stainless steel.

Ukuran panci presto

Bagaimana memilih ukuran panci presto yang terbaik dan tepat ? Panci untuk presto ini biasanya dijual berdasarkan ukuran total kapasitas cair mereka, meskipun biasanya yang bisa digunakan hanya setengah atau dua pertiga dari total kapasitasnya. Kelebihan ruang yang tersisa biasanya digunakan untuk tempat uap nanti saat proses memasak. Meskipun ada banyak ukuran di pasaran, namun yang populer adalah ukuran 4, 6, dan 8 liter. Dibawah ini adalah penjelasan seputar masing-masing ukuran, sehingga Anda dapat memilih yang paling sesuai.

4 liter : cocok untuk mereka yang masih single atau keluarga baru yang belum punya anak.
6 liter : cocok untuk keluarga sedang yang sudah punya satu atau dua anak.
8 liter : cocok untuk keluarga yang punya anak tiga atau lebih

Selain itu sebenarnya ada juga ukuran ekstra 16 atau 18 liter, tapi tidak umum dan hanya cocok jika Anda memasak untuk kelompok yang sangat besar.

Memilih panci presto yang bagus berdasar merek

Banyak perusahaan yang memproduksi dan menjual panci hebat ini di pasaran. Selain produk dalam negeri banyak pula produk yang diimpor dari luar. Mereka yang membeli panci ini tentu berharap jika barang yang dibeli akan awet dan punya manfaat maksimal. Agar tidak kecewa dikemudian hari, maka perhatikan pula soal merek pembuatnya. Berikut ini adalah bahan pertimbangan dalam memilih panci presto yang bagus berdasarkan merek pembuatnya.

Pilihlah merk panci dari perusahaan yang telah memproduksi barang tersebut selama bertahun-tahun dan memiliki rekam jejak keuangan yang baik. Sebab, untuk memakainya selama bertahun-tahun kedepan mungkin Anda harus mengganti secara berkala beberapa komponen kecil. Ya, ini seperti kita mengganti busi atau karet kipas mobil. Selain itu Anda juga harus yakin jika produsen panci yang ada beli hari ini akan tetap beroperasi dalam jangka panjang. Ini untuk menjamin pasokan komponen nantinya. Sebab boleh jadi komponen tersebut tidak bisa ditukar-tukar dengan merek lain. Jadi jangan membeli merek tertentu hanya karena harganya lebih murah.

Jika sudah punya pilihan merek, Anda tinggal membeli panci tersebut dari pengecer atau toko yang punya reputasi. Ini bisa berupa agen resmi yang ditunjuk, toko alat dapur yang mapan, beli di super market, atau membeli dari toko online yang terpercaya. Jika Anda ragu pada reputasi penjualnya, tinggalkan saja.

Terakhir pilih merek yang terdaftar atau disetujui oleh organisasi pengujian mutu yang independen. Ini untuk menjamin bahwa panci yang Anda beli adalah panci presto terbaik yang sudah memenuhi standar kualitas dan kinerja tertentu yang disepakati. Jika di Amerika ada Underwriters Laboratories, maka di Indonesia ada SNI atau Standar Nasional Indonesia.

Pilih fitur panci presto yang sesuai

Berikut ini adalah beberapa fitur panci presto yang mungkin Anda cari.

Fitur pengatur tekanan. Panci presto yang bagus harus memiliki regulator tekanan yang menunjukkan dan mengendalikan tekanan dalam panci. Ada tiga macam regulator tekanan : pertama, katup pengatur tekanan tertimbang (weighted valve pressure regulator) atau jiggle top. Ini adalah yang paling sederhana, biasanya ditempatkan diatas pipa ventilasi, yang berupa lubang kecil pada tutup panci, gunanya untuk pelepasan kelebihan uap selama memasak.

Kedua, katup pengatur tekanan tertimbang yang dimodifikasi (modified weighted valve pressure regulator). Dan ketiga, katup pengatur tekanan pegas (spring valve pressure regulator). Apapun yang Anda pilih, pastikan pilih regulator dengan tekanan maksimum 15 psi (pound per square inch). Ini adalah angka standar yang digunakan dalam tekanan memasak, dan hampir semua resep masakan presto ditulis untuk tekanan 15 psi.

Fitur system pengunci tutup. Perangkat ini sangat penting karena akan mencegah munculnya tekanan dari dalam unit sampai penutup panci benar-benar terkunci. Selain itu tutup akan baru bisa dibuka jika tekanan didalam sudah berkurang dengan aman. Tidak semua panci menawarkan indikator tekanan secara visual. Jika demikian, maka biasanya ada alat pengaman tambahan untuk memberi sinyal jika masih ada tekanan dari dalam unit. Jika mungkin pilih panci presto yang memiliki mekanisme pelepas tekanan sekunder sebagai tambahan.

Fitur rak masak. Pilihlah panci presto yang memiliki fitur rak atau keranjang masak. Ini akan memungkinkan Anda untuk memasak beberapa makanan sekaligus. Yaitu dengan menaruh makanan secara terpisah, sehingga rasanya tidak bercampur.

Handle atau pegangan. Ambil panci yang Anda incar, pegang dan angkatlah seolah-olah Anda sedang berada di dapur sendiri. Pastikan pegangannya nyaman dan kuat. Model panci presto yang bagus biasanya punya desain pegangan yang ergonomis untuk kenyamanan dan kemudahan saat di genggam. Panci ukuran 6 liter atau lebih biasanya punya pegangan pada kedua sisi untuk memudahkan saat diangkat. Sedangkan panci dibawah 6 liter biasanya punya satu pegangan utama pada satu sisi dan pegangan tambahan yang lebih kecil pada sisi yang lain.

Dasar atau alas panci. Jika Anda membeli panci presto stainless steel, sebaiknya mencari model yang memiliki dasar atau alas bimetal atau trimetal. Biasanya berupa lapisan aluminium yang akan membantu konduksi panas dengan sangat baik, tapi tetap mudah dibersihkan.

Buku panduan dan buku resep. Adalah penting untuk memastikan buku panduan dan buku resep masakan disertakan dalam paket yang Anda beli. Karena nanti Anda akan memerlukan keduanya : sebuah petunjuk cara pengoperasian panci presto yang rinci dan resep memasak pilihan berbasis teknik pressure cooking. Tidak seperti buku panduan manual yang lainnya, kedua buku ini nanti akan sering-sering dipakai sebagai rujukan.

Garansi. Carilah panci yang menawarkan garansi jangka panjang. Karena semakin lama waktu garansinya maka makin bagus. Perusahaan yang punya reputasi bagus akan berani menawarkan garansi sampai 10 tahun.

Harga. Soal harga sifatnya sangat variatif dan tergantung dari model yang Anda pilih. Kami tidak akan menyebut merek, tapi semua tipe panci presto yang dijelaskan disini menurut kami aman untuk digunakan. Dan jika apa yang Anda idamkan sesuai dengan panduan memilih dan membeli ini, maka mungkin itulah panci presto terbaik yang sesuai untuk Anda.

Beli panci presto bagus dan berkualitas dimana ?
Jaman sekarang untuk belanja alat dapur semakin banyak pilihan. Bisa beli di mall, di toko peralatan rumah tangga, atau di toko online yang terpercaya. Jika Anda bermaksud membeli panci presto yang bagus dan berkualitas secara online Silakan Klik Disini.

Membeli panci presto yang bagus memang bukan sekedar datang ke toko, ambil barang lalu bayar, apalagi jika untuk pertama kali. Tapi perlu sedikit pengetahuan praktis agar kita mendapatkan panci presto terbaik yang tidak membuat kita kecewa atau menyesal nanti. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.
– See more at: http://dapur-modern.blogspot.com/2013/12/panduan-memilih-membeli-panci-presto.html#sthash.4yb3ZbSB.dpuf}

Leave a Reply