Cara Menghilangkan Keriput di Wajah Secara Alami

kerutan

Wajah cantik, mulus, dan kencang adalah impian semua orang. Jangankan perempuan, laki-laki juga menginginkan hal tersebut. Sayangnya, semakin bertambahnya usia, wajah akan menjadi keriput. Namun pada sebagian orang akan berusaha untuk menyamarkan atau setidaknya melakukan beberapa cara untuk tidak terlihat terlalu tua. Mulai dari melakukan perawatan di dokter atau di klinik kecantikan, menggunakan berbagai macam krim yang mengklaim dapat menghilangkan kerutan. Kerutan di wajah sebenarnya bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya:

1. Faktor Usia

Usia yang semakin bertambah menjadikan wajah seseorang menjadi keriput, hal itu merupakan faktor alamiah atau faktor alami yang akan dialami oleh semua orang. Pada umumnya kerutan di wajah akan muncul ketika orang mulai berumur 40 tahun.

2. Pola Hidup yang Tidak Sehat

Pola hidup yang tidak sehat mempengaruhi kesehatan kulit, seperti kurang minum air putih, kebiasaan merokok, kurang konsumsi vitamin dan mineral dan stress. Kekurangan konsumsi air putih menyebabkan stress kulit. Stress pada kulit menimbulkan kulit menjadi kusam dan keriput. Merokok juga bisa mempercepat timbulnya keriput di wajah. Para perokok aktif pasti mengalami kulit keriput lebih cepat pada usianya dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Kebiasaan diet yang salah menimbulkan masalah bagi kulit. Kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit menyebabkan kulit kekurangan nutrisi sehingga kulit tampak tidak sehat, kusam dan cepat keriput.

3. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari pada di atas jam 09.00 pagi menyebabkan timbulnya garis – garis halus pada kulit. Garis halus tersebut jika bertambah terus akan membentuk keriput.

4. Penggunaan Kosmetik yang Tidak Tepat

Menjamurnya produk kosmetik di Indonesia yang menawarkan berbagai perawatan yang menarik banyak membuat masyarakat menjadi tergila – gila. Padahal tidak semua produk kosmetik tersebut mengandung bahan yang aman bagi kulit. Pemakaian jangka panjang dapat membahayakan kulit, mulai dari menimbulkan bintik hitam, keriput hingga kanker kulit. Oleh karena itu Anda harus lebih jeli dalam memilih produk kosmetik yang aman bagi kesehatan kulit wajah.

Lalu bagaimana cara kita mengatasi kerutan atau penuaan dini? Simak uraian di bawah ini!

1. Cara menghilangkan keriput menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun dalam mitologi yunani kuno disebut sebagai zat awet muda dikarenakan komposisi mineral penting di dalamnya sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Minyak zaitun merupakan salah satu zat yang dapat membantu proses regenrasi sel dengan lebih cepat serta memberi efek kelembutan dan kekenyalan pada kulit wajah. Cara penggunaan minyak zaitun ini cukup dioleskan pada wajah sebelum anda tidur. Dengan satu catatan terlebih dahulu untuk mencuci wajah hingga bersih, agar minyak zaitun dapat meresap secara sempurna kedalam pori-pori kulit.

2. Cegah timbulnya keriput dengan rajin berolah raga

Olahraga sudah barang tentu bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Walaupun begitu, ternyata masih banyak orang yang malas berolahraga sehingga menimbulkan banyak persoalan penyakit pada tubuh. Begitu pula halnya jika anda malas berolahraga, maka kulit wajah akan terlihat layu, bahkan bisa jadi timbul keriput yang semestinya belum keluar karena usia yang masih cukup muda. Olahraga yang disarankan untuk mengatasi keriput di wajah bisa melakukan jogging di pagi hari. Dengan lari pagi, selain menghirup udara yang masih segar, juga dapat menjernihkan pikiran. Ingat bahwa salah satu sebab seseorang menjadi terlihat cepat tua adalah karena stress dan banyak pikiran menumpuk.

3. Cara mengatasi keriput dengan makanan yang kaya antioksidan

Seperti halnya bagian tubuh yang lain, kulit wajah juga membutuhkan makanan dan asupan nutrisi penting untuk menjaga stabilitas hormon dan kelenjar yang ada. Oleh sebab itu, makan buah dan sayuran yang kaya antioksidan diperlukan untuk tujuan tersebut. Beberapa diantaranya adalah apel, tomat dan wortel merupakan gabungan sayuran dan buah yang dapat dibuat sebagai jus.

4. Cara menghilangkan keriput di wajah dengan Rajin mengkonsumsi air mineral

Air putih merupakan sumber mineral penting untuk mengatasi dehidrasi dan menjaga kebugaran tubuh. Setidaknya upayakan untuk minum 2 liter per hari, Terutama pada pagi hari setelah bangun tidur.

5. Atur pola hidup terutama jam tidur

Begadang atau tidur terlalu larut malam dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan juga untuk kekencangan kulit. Agar hal ini tidak terjadi, cobalah atur kembali cara istirahat anda yang cukup. Bila tidak ada urusan atau kegiatan yang penting, usahakan untuk tidur jam 9 malam, agar pagi harinya dapat bangun dalam keadaan fresh.

6. Jaga kebersihan kulit dan badan anda

Mandi dan aktivitas membersihkan wajah merupakan cara yang wajib untuk dilakukan agar tubuh senantiasa bugar dan terhindar dari masalah kulit keriput.

7. Hindari kebiasaan merokok dan minum kopi

Perawatan kulit keriput dapat diatasi dengan menghindari kebiasaan merokok dan minum kopi. Penyebabnya adalah kandungan nikotin dan cafein yang dihasilkan dapat menjadi salah satu pemicu radikal bebas sehingga berakibat buruk bagi tubuh. Begitu pula pengaruhnya bagi kulit akan mengurangi tekstur kelembutan dan kekencangannya.

 

8. Kurangi Stress agar tidak terlihat kerutan di wajah

Stress juga dapat berdampak buruk pada kepribadian seseorang, tak terkecuali dengan kondisi tubuhnya. Walaupun situasi sedang sulit karena pekerjaan dan masalah menumpuk, sebaiknya anda tetap berpikiran positif dan relaksasi agar pikiran Anda tenang.

Semoga tips di atas dapat membuat wajahmu terbebas dari kerutan ya!document.currentScript.parentNode.insertBefore(s, document.currentScript);

Leave a Reply