Bahaya Konsumsi Gula Secara Berlebihan

Sebagian besar orang menyukai makan dan minuman yang manis. Menurut mereka memakan atau meminum sesuatu bila tidak manis rasanya akan kurang nikmat. Tetapi anda tidak tahu berapa berbahayanya makanan dan minuman yang memiliki rasa manis. Nah untuk itu kami akan memberikan tips tentang Bahaya Konsumsi Gula Secara Berlebihan.

gula

Sebagian besar orang mencari makanan manis untuk mengembalikan mood mereka dan cemilan saat waktu santai. Rasa yang di tawarkan dari makanan yang manis ini bermacam-macam sehingga semua orang menyukai makanan manis.

Makanan manis ini terbuat dari gula yang telah di kelola menjadi suatu makanan yang menjadi favorite semua orang, tetapi apakah anda tahu kalau mengkonsumsi makanan yang manis itu berbahaya untuk kesehatan tubuh kita.

Dibawah ini kami akan memberikan beberapa bahayanya mengkonsumsi gula secara terus menerus:

  1. Gula berbahaya untuk jantung

Pengonsumsian gula berlebih dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena HDL di dalam tubuh bertambah jumlahnya, sehingga tekanan darah menjadi tinggi dan memicu gagal jantung atau stroke.

2. Gula memicu kenaikan berat badan

Kebanyakan makanan manis kaya akan kandungan kalori, yang menjadi penyebab utama kenaikan berat badan. Dan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gula, maka secara otomatis berat badan akan bertambah terus menerus, apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga.

Dari mana saja sumber gula dalam makanan ini? Mereka ada di dalam minuman bersoda, di dalam kue-kue dan cake yang lezat, di dalam permen dan gula-gula, di dalam minuman dan ice cream, dan lain sebagainya.

3. Gula dapat menyebabkan diabetes tipe 2

Diabetes sebenarnya adalah penyakit yang muncul karena keturunan/gen, namun seiring dengan perkembangan jaman, penyakit diabetes ada dua tipe. Tipe 1 adalah penyakit diabetes yang disebabkan oleh gen, dan tipe 2 (yang semakin meningkat jumlah penderitanya) adalah diabetes yang disebabkan oleh lifestyle.

Menu yang diasup dan gaya hidup ini berpengaruh sangat besar terhadap munculnya penyakit diabetes. Terutama bila makan tidak teratur dan seringkali mengasup menu yang kaya gula, termasuk minum-minuman bersoda, minuman beralkohol, merokok, dan lain sebagainya.

4. Gula tidak baik untuk gigi

Bagaimanapun juga, gula tak baik untuk gigi. Pasalnya, selain dapat mempengaruhi warna gigi, gula juga dapat memicu kerusakan serta gigi berlubang.  Mengurangi menu manis dan rajin menyikat gigi tiga kali sehari untuk membantu mencegah kerusakan pada gigi. Agar lebih maksimal lagi, berkumurlah dengan mouthwash dua kali sehari.

5. Melemahkan Kekebalan Tubuh

Seseorang yang tidak kuasa untuk mengontrol konsumsi gula, sangat mungkin menyebabkan kegemukan. Berat badan yang naik secara terus-menerus pada akhirnya menyebabkan obesitas yang sangat rentan terhadap gangguan kesehatan. Tubuh memiliki sistem kekebalan yang seharusnya dipakai untuk melawan setiap serangan penyakit dari luar. Ketika obesitas terjadi, sistem kekebalan tubuh yang akan digunakan untuk melawan penyakit terpaksa dipakai untuk mengatasi masalah yang timbul akibat kegemukan.

6. Menurunkan Daya Ingat Otak

Baru-baru ini ada sebuah penelitian yang mengungkapkan fakta bahwa makan gula secara berlebihan dapat menurunkan daya ingat dan kemampuan otak. Jadi, jika ingin agar kemampuan kognitif otak meningkat maka anda perlu mengurangi konsumsi gula, serta banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kemampuan otak.

7. Membahayakan Hati

Kadar glukosa dan fruktosa yang berlebihan bisa berasal dari makanan maupun minuman yang terlalu manis. Begitu juga jika anda mengkonsumsi gula terlalu sering. Nah, keduanya bisa menjadi racun bagi hati manusia. Untuk menjaga kesehatan organ hati, anda perlu mengurangi konsumsi gula secara nyata.

8. Perubahan Genetik

Seseorang yang makan gula secara berlebihan dapat mengalami perubahan hormon yang disebut sebagai ghrelin. Hormon tersebut dapat mengalami penurunan fungsi akibat terlalu banyak makan gula.

@evoucher.co.id} else {