Manfaat Berjalan Kaki Setiap Pagi

jalan kaki
Berjalan kaki adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Di masa modern ini, berjalan kaki banyak ditinggalkan oleh sebagian orang. Padahal banyak manfaat yang diberikan oleh olahraga ringan seperti berjalan kaki ini. Bahkan, penelitian menyatakan bahwa orang yang berjalan kira-kira 20-25 mil per minggu, lebih berpotensi untuk memiliki umur yang panjang dibandingkan dengan mereka yang tidak.  Adapun manfaat berjalan kaki setiap pagi diantaranya:

Mencegah Osteoporosis

Jenis penyakit tulang yang banyak terjadi pada para lansia ini terjadi karena massa tulang yang rendah serta  mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. Pencegahan tulang keropos ini tidak hanya diperoleh dari kalsium pada  susu, namun harus diimbangi dengan gerakan badan secara menyeluruh seperti jalan kaki setidaknya sekitar 15 menit sehari setiap hari.

Menguatkan otot 

Manfaat jalan kaki pagi, mampu membuat otot kaki, paha termasuk bokong menjadi kuat bahkan mampu meningkatkan daya tahan otot karena badan yang bergerak, sehingga stamina tubuh akan terjaga.

Menjaga berat badan tetap normal

Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, maka Anda harus membakar sekitar 600 kalori per hari dan lebih dari yang Anda makan. Berjalan kaki adalah salah satu cara termudah untuk melakukan itu. Berjalan juga meningkatkan massa otot sehingga semakin banyak otot yang Anda miliki, dan semakin cepat pula metabolisme tubuh Anda – Sehingga banyak kalori yang terbakar, bahkan saat Anda sudah beristirahat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, jadi kita harus benar-benar menjaganya. Dengan berjalan kaki setiap pagi, dapat mencegah resiko penyakit jantung dan stroke.

Mencegah dimensia

Dimensia merupakan penyakit yang ditandai dengan menurunnya fungsi otak yang kebanyakan menyerang orang tua. Studi dan penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit dimensia ini dapat dicegah dengan melakukan jalan kaki secara rutin di berbagai kesempatan. Setidaknya ia dapat mengurangi risiko dimensia sebanyak 40%.

Melancarkan sirkulasi darah

Berjalan kaki di pagi hari juga berfungsi sebagai latihan yang mampu mempercepat detak jantung hingga memompa darah ke seluruh tubuh seperti manfaat jogging. Akibatnya, sirkulasi darah dalam tubuh akan tetap terjaga.

Semoga tips dari evoucher bermanfaat ya! Jangan lupa untuk selalu cek evoucher.co.id