9 Cara Super Unik Untuk Kurangi Stres. Coba Terapkan Deh!

Manusia diharapkan dapat memiliki kebahagian yang melimpah namun banyak manusia yang sekarang mengalami stres baik karena masalah personal, pekerjaan atau hal lainnya. Dengan mengalami stress tentu sulit bagi manusia untuk merasakan kebahagiaan. Karena memang, kenyataanya tanpa sadar, kamu merasakan stres untuk hal kecil dan mempengaruhi hal-hal lainnya sehingga membuat kamu tidak bahagia. Nah, berikut ini adalah metode sederhana yang dapat dilakukan semua orang agar dapat meminimalisir efek dari stres. Yuk simak!

 

1. Gunakan sisirmu untuk mengurangi stres.

Sumber: makeupandbeauty.com

Kedengarannya mungkin sangat aneh, namun ini dapat menjadi cara efektif agar tidak sakit kepala dan merelaksasikan kepala seusai bekerja di depan layar komputer seharian. Ambil waktu perlahan untuk menyisir rambut sekitar 10-15 menit di malam hari. Kamu akan merasakan detak jantungmu perlahan terasa nyaman.

 

2. Konsumsi makanan lezat.

Sumber: giphy.com

Makanan lezat selalu bekerja sebagai penangkal stres. Untuk tetap menjaga mood bagus, ikan yang berminyak, yang mengandung asam Omega-3 sangat cocok untuk saraf dan urat. Namun, jika kamu tidak menyukainya, kamu bisa mengkonsumsi ice cream, pisang, dan makanan favorit lainnya.

 

3. Nikmati hidup dengan pijat relaksasi.

Sumber: herbalspahawaii.com

Agar energi tetap prima, terkadang kamu membutuhkan pijat relaksasi. Tujuannya untuk kembali menyegarkan otot-otot saraf dan bagian tubuh. Yang terpenting, memijat bagian bawah hidung, antara alis, di bagian bawah bibir dan bagian tengah telapak tangan. Perlahan memijatnya selama 30 detik.

 

4. Menggosokkan kedua tangan bersama-sama.

Sumber: giphy.com

Ini adalah cara lain yang ternyata tidak disangka namun merupakan metode yang sangat efektif untuk mengurangi efek fisik dari stres. Gosokkan dua tanganmu sampai merasakan kehangatan karena gesekan. Aneh, namun kamu dapat melihat dan merasakan bahwa hal sederhana ini dapat membuat kamu lebih baik dan kembali berkonsentrasi pada aktivitas.

 

5. Nikmatilah proses mandimu, dijamin kamu akan lebih tenang.

Sumber: servingjoy.com

Biasanya, mandi dianggap aktivitas rutin yang hanya sekedar membersihkan. Namun, mandi selama kurang lebih 15 menit dapat mengurangi rasa stresmu dan menghilangkan dari mood buruk. Berdiri persis di bawah hangatnya air sehingga dapat merasakan pijatan kepala dan pundak secara efektif. Maka tidak salah jika sebagian orang berkata, ‘Mandi itu harus dinikmati’.

 

6. Gunakan aroma terapi.

Sumber: soberrecovery.com

Sebuah bau sangat berhubungan erat dengan memori. Ini sangat berguna untuk memiliki sesuatu di tangan yang mengharumkan dan membantumu menaikkan mood.

 

7. Menari dan bersenang-senanglah.

Sumber: unsplash.com

Menari bisa dimana saja. Di gedung, di tempat les, atau di rumah sekalipun. Perpindahan ritme dari musik secara fisik akan membantu mengurangi stres. Bahkan, ini lebih menyenangkan daripada pergi ke tempat fitnes.

 

8. Gunakan tangga.

Sumber: unsplash.com

Lari naik dan turun tangga selama satu menit. Ini akan menaikkan kerja oksigen di otak yang mempengaruhi kinerja emosional stress. Dan ini akan membantu mengurangi rasa stresmu.

 

9. Konsumsi teh kembang sepatu.

Sumber: diyhealthremedy.com

Seringkali rasa stres menghasilkan rasa kecemasan dan panik. Teh kembang sepatu dapat membantu mengurangi proses kimia dalam tubuh sehingga tubuh terasa segar. Selain itu, dapat menenangkan pikiran. Gak perlu menggunakan cara ribet untuk menghilangkan rasa stres. Gak perlu pergi liburan ke tempat jauh untuk kembali fresh. Cukup dengan metode sederhana, kamu bisa menghilangkan rasa stres.

 

Aneh tapi menarik bukan? Ayo mulai sekarang dicoba siapa tau beneran ampuh untuk mengurangi stress kita!

 

Sumber: IDNtimes.com