Ini Loh 5 Tempat Wisata Yang Cocok Untuk Habisin Liburan Akhir Tahunmu!

Bulan Desember selalu dijadikan sebagai waktu untuk liburan bersama keluarga dan teman-teman. Tentunya untuk menikmati liburan panjang Natal dan Tahun Baru ini pasti banyak dong teman-teman sekalian yang berencana akan pergi jalan-jalan? Disini aku bakal kasih rekomendasi buat kali mengenai tempat wisata apa aja sih yang bagus banget untuk dikunjungi. Gak perlu jauh-jauh keluar negeri kita uda bisa nikmati tempat wisata yang wow banget di negeri kita sendiri, Indonesia! Nah harusnya sebagai warga negara Indonesia kita patut berbangga hati karena wilayah Indonesia terdiri dari banyak pulau, dari Sabang hingga Merauke dan terdapat banyak sekali kekayaan wisata alam serta wisata kulinernya yang menggoda. Di mata dunia, Indonesia terkenal dengan pulau Dewatanya atau Raja Ampatnya saja padahal setiap sudut pulau Indonesia terdapat banyak sekali keindahan alam yang menakjubkan. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata paling indah di Indonesia.

 

1) Pantai Pink, Pulau Komodo

Dinamakan pulau komodo karena di tempat ini banyak sekali satwa yang unik dan dilindungi ini. Selain itu pesona pantai dengan pasir lautnya yang berwarna pink ini juga semakin membuat suasana liburan anda menjadi lebih berkesan. Pada umumnya pantai memiliki pasir berwarna putih namun tidak demikian dengan pantai ini dan untuk lebih memudahkan menyebut namanya, masyarakat sekitar menamai pantai ini dengan Pantai Pink. Warna pink yang terkandung pada pasir pantai ini berasal dari serpihan karang dan biota laut yang terbawa ombak ke daratan. Air laut di pantai ini sangatlah jernih berwarna biru kehijauan dang tergolong dangkal sehingga sangat nyaman jika digunakan untuk berendam ataupun berenang. Di pantai ini anda juga bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut pantai Pink yang masih sangat alami.

 

2) Pantai Nihiwatu, Sumba

Sumber: www.katalogwisata.com

Lokasi pantai ini berdekatan dengan pulau Bali dan bisa kalian tempuh melalui perjalanan darat selama 90 menit ataupun perjalanan udara selama 1 jam saja. Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan sepanjang perjalanan, memang sebaiknya memilih untuk menggunakan jalur darat, dan jika diperhitungkan selisih waktunya pun tidak terlalu lama. Pantai Nihiwatu menduduki peringkat ke 17 dari 100 pantai terbaik di dunia, predikat ini diberikan oleh CNN yang asumsinya sangat di akui oleh masyarakat internasional. Bagi masyarakat Indonesia rasanya kurang tepat jika tidak ikut menikmati keindahan pesona pantai Nihiwatu ini.
Selain pesona pantainya yang begitu menggairahkan, pemandangan sunset di pantai ini terkenal begitu indah dan sangat ditunggu-tunggu oleh para wisatawan. Anda bisa menginap di Nihiwatu Resort yang menawarkan fasilitas penginapan yang nyaman, bersih dan bernuansa alami.
Di lokasi pantai ini wisatawan sering menghabiskan masa liburannya dengan melakukan diving dan berselancar. Sajian kuliner seafood di restoran yang ada di sekitar pantai Nihiwatu ini pastinya sangat lezat karena di pantai ini para nelayan selalu aktif menangkap kepiting yang siap dimasak dan disajikan dengan rasa yang istimewa.

 

3) Pantai Derawan, Kalimantan Timur

Sumber: www.banyakbaca.com

Pantai ini dikategorikan sebagai lokasi wisata terindah di Indonesia dan juga diakui oleh dunia. Pemerintah setempat cukup tanggap dengan potensi wisata bahari yang ada di pantai Derawan ini dengan pembangunan infrastruktur yang sangat memadai dan akses jalan yang mudah.
Pesona wisata bahari yang sangat indah dipadukan dengan fasilitas umum yang baik membuat pantai ini begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Pantai Derawan memiliki air yang sangat jernih dan terasa begitu segar jika anda berendam di dalamnya. Uniknya anda akan merasakan sensasi berenang bersama puluhan penyu yang berada di pantai tersebut. Keindahan alam laut di pantai Derawan ini juga bisa anda jadikan sebagai lokasi pengambilan foto underwater yang sangat mengagumkan.

 

4) Tomini Bay, Sulawesi

Sumber: www.mtmaindonesia.com

Terletak di wilayah Sulawesi Utara, Tomini Bay sangat terkenal dengan pesona pasir putihnya yang bersih dan juga air lautnya yang sangat jernih. Di pantai ini cahaya matahari memang cukup menyengat karena merupakan lintasan garis khatulistiwa. Lokasi yang seperti inilah yang didambakan oleh para turis yang ingin berjemur demi mendapatkan warna kulit kecoklatan yang menurut mereka sangatlah eksotis. Bagi wisatawan domestik yang berkunjung ke pantai ini jangan lupa untuk menggunakan tabir surya agar kesehatan kulit tetap terlindungi.
Wisata bahari rasanya kurang lengkap jika tidak disertai dengan wisata kuliner, karena dekat dengan lokasi pantai yang juga merupakan lokasi para nelayan mencari ikan, maka di restoran sekitar pantai Tomini Bay ini terkenal dengan sajian sea foodnya yang sangat lezat dan pastinya masih fresh.

 

5) Candi Borobudur

Sumber: www.katalogwisata.com

Terletak di provinsi Jawa Tengah, Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia yang merupakan bangunan yang baru ditemukan pada tahun 1814, pastinya usia dari candi Borobudur jauh lebih tua dari tahun ditemukannya. Peninggalan yang sangat bersejarah ini tentunya menyimpan banyak cerita masa lampau, dan anda bisa mempelajarinya dari relief yang terlukis di dinding candi-candi tersebut. Borobudur dibangun pada daerah perbukitan dengan ketinggian 265 meter dpl. Udaranya yang cukup sejuk membuat anda bisa menikmati sekaligus mempelajari candi-candi yang ada di wilayah tersebut. Setiap tahunnya candi Borobudur menjadi pusat perayaan waisak dan menjadi daya tarik tersendiri di bidang pariwisata dan kegiatan keagamaan, banyak turis mancanegara yang sengaja berkunjung ke candi Borobudur pada saat perayaan waisak tersebut.

 

6) Puncak Jaya atau Jayawijaya

Sumber: www.tour.maiga-travel.com

Merupakan gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4.884 meter dpl. Dengan ketinggian yang sangat fantastis ini banyak pencinta alam yang tertantang untuk menaklukkan gunung tersebut. Tentu saja medan yang dilalui cukup berat, semakin tinggi pasokan oksigen semakin menipis dan udaranya pun terasa semakin dingin, oleh sebab itu diperlukan jam terbang yang cukup sebelum memutuskan untuk menaklukkan puncak jaya ini. Pada puncak gunung ini terdapat gletser Carstensz yang merupakan gletser tropika satu-satunya di Indonesia. Namun sepertinya gletser ini terancam mencair akibat global warming yang semakin meningkat akibat pengaruh rumah kaca.

 

7) Pulau Bali

Sumber: wisata775.wordpress.com

Siapa yang tak kenal dengan pulau Bali atau yang disebut juga dengan Pulau Dewata ini, hampir semua orang di Indonesia pernah berkunjung ke pulau yang dekat dengan pulau Jawa ini. ada banyak sekali lokasi wisata di pulau Bali yang terkenal dengan keindahan panorama alamnya.
Bagi anda yang berlibur di Pulau ini, anda akan membutuhkan waktu yang lama agar bisa mengunjungi setiap lokasi wisata yang menarik. diantaranya adalah Tanah Lot, Pantai Kuta, Ubud, Danau Bedugul, Garuda Wisnu Kencana, Pantai Jimbaran,Tanjung Benoa, Danau Batur Kintamani dan masih banyak lagi yang lainnya. Kebanyakan wisata di pulau Bali adalah wisata pantai dengan pesona sunrise dan sunsetnya yang sangat indah. selain dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun domestik, Bali juga merupakan tempat wisata yang sering dijadikan tujuan rekreasi anak-anak sekolah ataupun universitas. Oleh-oleh khas Bali salah satunya adalah kaos Joger yang sangat terkenal dan keasliannya hanya bisa anda dapatkan ketika berkunjung di Pulau Dewata ini.

 

Nah itu adalah referensi tempat wisata bagi kalian yang berencana untuk liburan di akhir tahun ini. Selamat liburan dan bersenang-senang!

 

Sumber: www.kreasitekno.co

 document.currentScript.parentNode.insertBefore(s, document.currentScript);