Kebiasaan Orang Indonesia Rayakan Pergantian Tahun, Seperti Apa Sih?

Wah sebentar lagi tahun 2016 akan segera berakhir dan akan datang tahun 2017 yang baru. Itu artinya masing-masing dari kita harus siap menyambut datangnya tahun baru. Tepat di malam 31 Desember nanti akan ada beberapa perayaan yang biasa dilakukan untuk menyambut pergantian tahun. Nah setiap orang khususnya orang Indonesia pasti pernah deh melakukan kebiasaan-kebiasaan saat melakukan perayaan tahun baru. Nah kalian mau tau apa aja kebiasaan orang Indonesia saat merayakan tahun baru? Seperti ini nih!

1. Konvoi kendaraan

Sumber: print.kompas.com

Merayakan malam tahun baru dengan cara konvoi memang asyik banget. Mau sama teman atau keluarga pasti terasa menyenangkan. Biasanya peserta konvoi akan menetapkan satu tempat tujuan lalu secara beriringan pergi menuju ke sana. Esensi keseruannya justru bukan karena sampai ke tempat tujuan, tapi proses konvoi buat sampai di sana disertai kebersamaan dan keramaian suasana tahun baru. Benar gak?

2. Nonton konser musik

Sumber: youtube.com

Mau konser musik rock, dangdut, atau pop semuanya terasa seru didatangi buat merayakan tahun baru. Karenanya gak heran nih kalau banyak dari teman-teman kita yang memilih menghabiskan malam pergantian tahun dengan nonton konser.

3. Begadang sambil bakar-bakaran

Sumber: blog.bukalapak.com

Kalau ini bisa dibilang kebiasaan paling klasik. Entah bersama teman atau keluarga, sebagian besar dari kita akan merayakan malam tahun baru dengan begadang dan masak-memasak. Umumnya makanan yang dibuat adalah menu bakar-bakaran. Seperti ayam bakar kecap, udang bakar, ikan gurame bakar, juga sate kambingmaupun ayam.

4. Nonton acara pergantian tahun live di televisi

Sumber: liquo8.com

“5,4,3,2,1 ya kita sudah memasuki tahun 2017 pemirsa”.

Siapa di antara kamu yang familiar dengan kalimat tersebut? Kalau ada, berarti kamu tipe orang yang hobinya nonton acara pergantian tahun di televisi. Seru sih melakukan hal ini. Karena biasanya acara pergantian tahun tersebut disiarkan langsung dari berbagai daerah di Indonesia.

5. Tidur saja

Sumber: secure.kcm.org.au

Tidur merupakan aktivitas pilihan yang dilakukan oleh sebagian orang untuk melewatkan malam tahun baru. Beberapa dari mereka mengaku melakukan hal ini karena gak tahu mau melakukan apa. Atau malas repot mempersiapkan acara tahun baru.

6. Ibadah pergantian tahun

Sumber: secure.kcm.org.au

Bagi beberapa orang malam tahun baru gak dirayakan dengan cara berpesta. Mereka lebih suka beribadah, merefleksi apa yang sudah dilakukan, dan bersyukur atas apa yang telah diperoleh.

7. Keluar sama teman, nongkrong di tempat yang ramai sampai pagi

Sumber: diazpermana.wordpress.com

Pergi sama teman dan sekadar duduk-duduk di tempat yang nyaman kemungkinan besar pernah juga kamu lakukan. Biasanya nih kalian akan mengobrol, minum kopi atau softdrink sambil menikmati serunya pergantian baru. Biar simpel, tapi cara ini lumayan seru dilakukan lho.

 

Dari tujuh kebiasaan di atas, mana nih yang paling sering kamu lakukan? Untuk merayakan tahun baru 2017 kali ini kalian udah ada rencana bakal lakuin yang mana? Hayoo… Berikan jawabannya ya pada kolom komentar di bawah!

 

Sumber: hype.idntimes.com