7 Hal Ini Jangan Kamu Lakuin Setengah-Setengah, Kalau Gak Akan Membahayakan Dirimu Loh!

Sejak kecil kita diajarkan untuk melakukan semua hal sampai tuntas dan maksimal. Namun seiring berjalannya waktu ajaran untuk melakukan semua hal sampai selesai tidak selalu bisa dilakukan dan malah dilupakan oleh kebanyakan orang. Kebiasaan tidak menyelesaikan aktivitas dengan tuntas kadang dapat membahayakan dirimu loh Sobat Evoucher. Mungkin kalau hal yang tidak diselesaikan secara tuntas hanya sekadar tidak selesai menonton film atau membaca buku, itu tidak akan mendatangkan masalah. Tapi jika tujuh hal ini kamu lakukan hanya setengah-setengah dan tidak maksimal, duhh percaya deh bisa aja membuat hidupmu dalam bahaya loh. Apa saja ya hal itu? Temukan jawabannya di sini!

  1. Pakai helm tapi gak mengaitkan tali pengaitnya
Sumber: id.pinterest.com

Pernahkah kamu lupa atau sengaja tidak memasang tali saat memakai helm? Sepertinya kebanyakan dari kamu bilang pernah melakukannya. Keteledoran ini mungkin terkesan sepele, tapi sebetulnya risiko dari tidak memasang pengait helm dengan benar cukup besar. Kepalamu bisa mengalami cedera parah saat terjadi kecelakaan akibat dari helm terlepas karena lupa memasang tali pengait. Tentu kamu gak mau dong hal tersebut terjadi padamu?

  1. Tidak mematikan puntung rokok sampai benar-benar mati
Sumber: livestrong.com

Puntung rokok yang tidak dimatikan secara benar juga siap mendatangkan bahaya. Kalau sisa apinya mengenai benda atau bahan yang mudah terbakar, bukan tak mungkin hal tersebut bisa menimbulkan kebakaran. Karenanya jika kamu memiliki atau melihat sisa puntung rokok yang masih ada apinya, langsung saja dimatikan agar tidak menimbulkan hal berbahaya.

  1. Sikat gigi tapi membersihkannya secara asal-asalan
Sumber: rd.com

Hal lainnya yang kerap kali diabaikan adalah soal teknik menyikat gigi dengan benar. Padahal jika gigi tidak dibersihkan secara baik, masalah mulut bisa saja tetap datang. Idealnya durasi menggosok gigi sekitar 2-3 menit. Selain itu kamu sebaiknya menggosok gigi secara vertikal dari gusi ke gigi dengan tingkat kemiringan 45 derajat untuk bisa membersihkan kotoran di mulut secara maksimal.

Pastikan pula kamu menyikat sampai ke sela-sela gigi untuk membersihkan sisa makanan. Untuk bisa mengangkat kotoran gunakanlah sikat dengan bulu V yang mampu membersihkan gigi secara maksimal. Sikat gigi bentuk ini juga dirancang dengan leher tiga sudut di mana hal tersebut menjangkau dan membersihkan gigi hingga ke bagian belakang. Sikat gigi tersebut bisa membantumu mengangkat kotoran pada gigi sehingga mulutmu sehat setiap saat.

  1. Lupa memasang tali sepatu
Sumber: ohelterskelter.com

Terkesan sepele memang, tapi coba deh perhatikan sekelilingmu pasti ada orang yang memakai sepatu bertali namun justru lupa memasangnya. Padahal jika tidak dikenakan secara baik tali yang menjuntai bisa terinjak dan resikonya dapat membuatmu terjatuh. Bahaya banget kan?

  1. Cuci tangan tanpa sabun
Sumber: arribadesign.co

Mencuci tangan menggunakan air saja tidak cukup membunuh kuman. Karenanya saat membersihkan tangan, kamu disarankan tetap menggunakan sabun. Jika kamu mencuci tangan tanpa sabun, kuman masih ada di tangan dan memperbesar kemungkinan kuman masuk ke dalam tubuh. Akibatnya badan lebih rentan terserang penyakit seperti diare. Untuk itu disarankan cucilah tanganmu lebih sering terutama sebelum makan, sehabis dari toilet, dan ketika akan menyiapkan makanan.

  1. Ketika olahraga tidak melakukan pemanasan secara maksimal
Sumber:  greatist.com

Keluhan kram (otot kaku) yang biasanya timbul saat olahraga sebagian besar timbul akibat proses pemanasan yang tidak tepat. Selain gerakan pemanasan yang umumnya tidak dilakukan sungguh-sungguh, durasinya relatif masih kurang. Menurut situs dokter.id, durasi yang tepat untuk pemanasan adalah sekitar 10-20 menit. Lakukan pemanasan ringan seperti berjalan kaki, jalan cepat di tempat, atau peregangan untuk membuat tubuh siap diajak berolahraga.

  1. Mematikan alat elektronik setelah dipakai namun tidak mencabut listriknya
Sumber: sbelen.wordpress.com

Nah ini nih yang paling bahaya. Kita kerap kali sudah mematikan televisi atau laptop saat sudah tidak digunakan, tapi lupa mencabut listriknya. Padahal meski alat elektronik sudah dimatikan tapi kalau listriknya tidak dicabut, resiko terjadinya konslet tetap tinggi. Konslet bisa menyebabkan berbagai hal berbahaya seperti tersetrum sampai kebakaran yang tentu gak seorang pun mau mengalaminya. Setuju?

 

Biasakan untuk menyelesaikan aktivitas kita sampai tuntas. Karena kalau hanya dilakukan setengah-setengah, hal tersebut bisa jadi akan merugikan hidupmu. Jadi start from now lakukan semua hal secara maksimal ya Sobat Evoucher!

 

Sumber: today.line.me