Kenapa Sih Muka Kamu Jutek? Ini Alasan Ilmiahnya

Hmm… cukup banyak orang yang dapat berekspresi dengan bebas namun juga terdapat sebagian orang yang sering hanya memasang muka datar dan acuh tak acuh! Nah bagi kalian orang-orang yang merasa sering ditanyai “Kamu gak apa-apa?”;”Kamu marah ya?”;”Beneran nih kamu gak apa-apa?” artinya kamu punya muka yang terkesan jutek padahal kamu gak bermaksud begitu… Kamu gak pernah merasa marah, bete atau kesel tapi teman-temanmu atau orang-orang disekitarmu terus menganggap kamu lagi badmood atau bete. Nah di bawah ini aku akan jelaskan alasan ilmiah di balik wajahmu yang terkesan jutek ini! Yuk di simak~

Itu bukan salahmu, tapi memang mukamu yang seperti itu. Muka seperti itu dikenal sebagai “resting bitch face.”

Sumber: mundotkm.com

RBF adalah sebuah sindrom yang (mungkin) menyerang jutaan orang di seluruh dunia. Sindrom ini ditandai dengan ekspresi natural yang sering dipersepsikan seperti orang yang tidak tertarik, tak peduli, atau, ya, bitchy bodo amat gitu deh!

Selama ini, orang-orang yang memiliki RBF sering ditanya apakah mereka sedang mengalami hal buruk.

Sumber: marieclaire.com

Tak jarang mereka sering menerima kalimat “Kamu lebih cantik kalau senyum!” oleh orang-orang di sekitar mereka. Kamu bisa melihat RBF ada pada Anna Kendrick, Kristen Stewart atau Aubrey Plaza.

Tapi sekarang para peneliti sudah mengonfirmasi bahwa RBF bisa diukur dengan serangkaian tes diagnostik. Riset ini dilakukan di Nordus Information Technology, Jason Rogers dan Abbe Macbeth menganalisa lebih dari 10.000 ekspresi yang dipindai menggunakan FaceReader. Mereka menemukan fakta bahwa ekspresi rata-rata manusia terdiri dari 97 persen ekspresi alami dan tiga persen ekspresi emosi.

Ketika para ilmuwan memindai wajah Anna Kendrick dan Kristen Stewart, mereka menemukan sebuah duri dalam emosi mereka, sebuah faktor X di balik wajah mereka.

Namun ini tak hanya fenomena yang melanda para wanita, karena Kanye West juga mengalami hal serupa.

Sumber: edition.cnn.com

Jadi apa yang menyebabkan seseorang memiliki RBF? Rogers dan Macbeth tak memiliki jawaban yang pasti, namun mereka menduga bahwa budaya sekitar dan genetis ikut berpengaruh. Namun penyebab utamanya bisa jadi soal bagaimana kamu ‘menahan’ wajahmu selama ini.

Macbeth mendeskripsikan RBF terlihat seperti salah satu sisi bibir tertarik ke dalam, mata menyipit, dan sudut bibir sedikit terangkat, namun tak sampai tersenyum.

Nah lain kali kalau ada yang bilang kok kamu jutek atau bete padahal kamu biasa aja, nih kudu harus wajib kasih lihat artikel ini! Biar kamu gak usah capek-capek dan ribet-ribet jelasin alasan dibalik mukamu yang selalu bete itu! Hahaha…

 

Sumber: hype.idntimes.com

 document.currentScript.parentNode.insertBefore(s, document.currentScript);