Hanya Dengan Bermodal Kegiatan Sehari-hari Bisa Dapet Uang Saku Lebih Loh!

Uang jajan yang dikasih orangtua pas-pasan dan kamu mau mencoba mencari usaha sendiri, namun seringkali bingung mau mencari dimana. Nah aku ada solusi nih, cukup dengan melaksanakan rutinitas sehari-hari kamu bisa dapet uang saku lebih loh! Tanpa kita sadari, sebenarnya banyak sekali lho kesempatan untuk meraup penghasilan tambahan dari hal-hal yang sudah sering kita lakukan. Gak percaya? Nih, simak beberapa contohnya.

 

1. Yang ngerasa jago ngomong, kenapa gak mencoba ‘jual’ suaramu?
Sumber: thebalance.com

Terkenal jago ngomong di antara teman-teman lainnya? Wah, bisa jadi kesempatan baik nih buat cari uang jajan tambahan! Coba deh, melamar jadi penyiar radio. Gak cuma uang, kamu juga akan mendapatkan relasi yang luas plus pengalaman seru. Belajar jadi MC juga asyik, lho!

 

2. Buat yang hobi motret juga bisa
Sumber: photocontestinsider.com

Saat ini, banyak banget lho yang membutuhkan jasa fotografer, mulai dari event besar seperti pernikahan, hingga yang kecil seperti fancy dinner. Nah yang kayak gini bisa banget kamu manfaatkan untuk tambahan penghasilan. Selagi punya alat dan skill yang oke, kamu pasti bisa melakukannya. Jangan lupa rajin promosikan karyamu di media sosial, supaya banyak orang yang tahu.

 

3. Daripada puisi kamu numpuk, mending dipublikasikan
Sumber: huffingtonpost.co.uk

Buat kamu yang suka menulis, coba deh tawarkan hasil tulisanmu ke penerbit. Apalagi, sekarang ini banyak lho penerbit independen yang menawarkan konsep self-publish buat para penulis pemula. Yang penting, rajin-rajinlah menulis supaya kemampuan kamu terasah. Kapan pun dan di mana pun, jangan lupa siap sedia membawa laptop ataupun tablet supaya bisa segera menuangkan ide-idemu.

 

4. Jangan biarkan masakan karyamu cuma dicicipi oleh dirimu sendiri
Sumber: sheknows.com

Kalau memang merasa cukup jago masak, kenapa gak mencoba menjualnya ke orang lain? Lumayan banget lho uang tambahan yang dihasilkan. Mulailah dengan menjualnya ke orang-orang terdekat. Nantinya uang yang didapat bisa diputar kembali untuk membuka usaha yang lebih besar, seperti jasa katering atau bahkan rumah makan.

 

5. Menghasilkan uang dari macet? Bisa!
Sumber: thenextweb.com

Bisa dibilang, hampir seperempat waktu kita setiap harinya dihabiskan untuk bermacetan di jalan. Daripada keki, lebih baik manfaatkan hal tersebut untuk mencari tambahan uang. Buat kamu yang bawa kendaraan pribadi setiap harinya, daftar aja jadi driver jasa transportasi online. Lumayan ‘kan, dapet teman pulang bareng?

 

6. Belajar jadi MUA buat kamu yang tertarik dunia makeup
Sumber: reference.com

Berbagai perlengkapan makeup mahal yang kamu miliki itu sayang banget lho, kalau gak sering digunakan. Daripada dibuang karena terlanjur kadaluwarsa, lebih baik gunakan untuk mendukung langkahmu menjadi makeup artist alias MUA. Tawarkan jasamu ke teman dan saudara; lama-kelamaan customer kamu pasti makin bertambah.

 

7. Suka nonton channel YouTube orang? Saatnya kamu yang ditonton!
Sumber: camp-fire.jp

Mumpung vlogging lagi ngetren, coba deh buat vlog versimu sendiri. Kamu bisa menjadikan rutinitasmu sehari-hari sebagai cerita, ataupun konsep lainnya yang kamu anggap menarik. Biar seru, ajak kolaborasi saja teman-temanmu yang punya hobi sama. Kalau dikerjakan ramai-ramai, pasti lebih asyik, deh. Tentukan jadwal shooting kalian, beserta kemasan konsep yang akan digarap.

 

8. Belanja namun tetap menghasilkan uang
Sumber: rd.com

Gak selamanya hobi shopping itu buruk. Saat ini, banyak banget lho orang yang memakai jasa personal buyer untuk mencarikan barang-barang yang oke, terutama untuk urusan fashion. Lebih gampang lagi, kamu bisa menjual kembali barang-barang lama yang kamu miliki lewat garage sale ataupun media sosial. Hasil uangnya bisa kamu gunakan lagi deh untuk belanja barang impian lainnya, ataupun untuk keperluan yang lain.

 

9. Gambar buat orang lain
Sumber: baysidejournal.com

Daripada buku pelajaranmu itu penuh dengan beragam sketsa buatanmu, lebih baik salurkan bakatmu untuk hal yang lebih berguna dan menghasilkan uang. Misalnya dengan membuat desain kartu undangan, ataupun jasa pembuatan sketsa. Bagus bukan, jika karyamu juga bisa dinikmati oleh orang lain?

 

Gimana, jadi lebih semangat ‘kan sekarang? Mudah banget untuk dapatin uang saku lebih hanya dengan melaksanakan hal-hal rutinitas kamu. Yuk, coba deh mulai gali kebiasaan apa saja darimu yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan. Semoga berhasil, Sobat Evoucher!

 

Sumber: life.idntimes.com