Hati-hati, 6 Kesalahan Memakai Lensa Kontak Ini Paling Sering Dilakukan!

Contact lens atau yang kita kenal dengan lensa kontak, banyak digunakan oleh orang untuk masalah kesehatan seperti mata minus. Tak hanya itu banyak pula yang menggunakan kontak lens sebagai pelengkap atau aksesoris bagi kecantikan dan fashion. Namun sayangnya banyak yang menggunakan contact lens dengan asal-asalan. Coba deh kamu perhatikan, salah satu dari kesalahan memakai contact lens ini pasti pernah kamu lakukan.

1. Tidur dengan lensa kontak

Kesalahan pertama dan paling sering dilakukan adalah tidak melepaskan contact lens sebelum tidur. Pada saat tidur, bakteri bisa tumbuh subur di bawah contact lens yang hangat dan lembap. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kornea yang dan bisa berujung pada kebutaan.

2. Menyentuh lensa kontak dengan tangan kotor

Entah karena malas atau merasa sudah menjaga kebersihan, banyak dari kita yang tidak mencuci tangan sebelum menggunakan contact lens. Tangan yang kotor dapat mentransfer minyak, kotoran, dan bakteri ke contact lens.

3. Tidak mengganti solution

Pembersih khusus lensa atau solution harus diganti setiap kali pakai. Jadi, setelah menggunakan contact lens, bersihkan wadahnya, dan ganti solutionnya. Menggunakan solution berkali-kali hanya akan membuatmu seperti mencuci di air yang kotor.

4. Berenang dengan lensa kontak

Air banyak mengandung kuman dan bakteri, apalagi untuk kolam renang yang digunakan banyak orang. Untuk itu hindarkan contact lens saat berenang, karena bakteri dan parasit bisa menyebabkan infeksi pada mata.

5. Menggunakan lensa kontak terlalu lama

Ingat ya, contact lens punya masa kedaluwarsa. Jadi pastikan kamu mengikuti masa kedaluwarsa yang sudah tercatat pada kemasannya. Selain itu, jangan menggunakan contact lens lebih dari 12 jam sehari.

6. Menggunakan lensa kontak milik orang lain

Sekali pun kamu memiliki minus atau silinder yang sama dengan orang lain, jangan pernah bertukar contact lens dengannya. Risiko yang akan timbul adalah penularan virus, infeksi kornea, serta mata merah.

Nah udah tahu kana pa saja kesalahan-kesalahan saaat memakai kontank lens? Mulai sekarang jangan lupa dan perbaiki ya!

 

Sumber: www.popbela.com