Jangan Cuci Celana Jeans-mu! Bersihkan Dengan Cara Ini Saja!

Berlawanan dengan kepercayaan sebagian besar orang, celana jeans itu gak sebaiknya kamu cuci dengan kasar atau menggunakan mesin lho, guys! Malahan Chip Bergh, CEO Levi’s, pernah mengaku bahwa celana jeans-nya nggak pernah dicuci selama satu tahun!

Proses pencucian konvensional dianggap bisa merusak warna dan tekstur bahan denim. Selain itu karena ketebalan dan sifat unik kain ini, mencuci jeans dianggap dapat membuang terlalu banyak air!

Nah jadi bagaimana dong, kak? Apa cara membersihkan jeans yang paling oke dan benar?

Tenang saja, kalau kamu nggak tahan pakai jeans yang tidak dicuci selama setahun, celanamu tetap bisa bersih bebas kuman kok meski tidak dicuci dengan air atau mesin. Plus, membantu menghemat air bersih! Yuk simak bagaimana proses pembersihkan jeans kesayanganmu yang benar!

1. Pertama siapkan bahan-bahannya, semuanya sederhana dan bisa kamu dapatkan dengan mudah!
Sumber: instructables.com

Kamu hanya perlu:

  • Cuka putih suling
  • Botol semprot
  • Kantung plastik bening
  • Waslap basah
  • Dan tentu saja, jeans kotor!
2. Persiapkan jeans-mu dengan metode ini sebelum mulai membersihkan dengan cuka.
Sumber: instructables.com

Sabar, sebelum mulai benar-benar membersihkannya, sentakkan dulu celana jeans-mu. Lalu balik permukaannya sehingga bagian dalamnya di luar, lalu sentakkan sekali lagi. Usap-usap permukaan yang terkena noda dengan waslap basah.

3. Inilah bagian utamanya, semprot jeans dengan cuka sebelum menggantungnya sampai kering.
Sumber: goodhousekeeping.com

Jangan asal semprot, kamu harus melakukannya secara bertahap. Ikuti langkah-langkah berikut ya:

  • Pertama semprot cuka di seluruh permukaan jeans. Kemudian balik permukaannya dari dalam keluar.
  • Ulangi langkah sebelumnya pada permukaan yang baru dibalik.
  • Jemur celana jeansmu dengan permukaan bagian dalam berada di luar. Jemur di bawah matahari selama 20 menit untuk membunuh 99% bakteri yang ada di bahan jeans.
  • Balik permukaan jeans seperti seharusnya (bagian luar di luar, dan bagian dalam di dalam) dan keringkan dengan cara diangin-anginkan.
  • Sentakkan lagi jeans-mu beberapa kali sebelum membawanya masuk ke dalam rumah.
4. Yang terakhir, bekukan celana jeans-mu di dalam lemari es!
Sumber: goodyfeed.com

Yup, kamu nggak salah baca kok. Langkah terakhir dari tips ini adalah memasukkan celana jeans-mu ke dalam freezer alias lemari pembeku. Balik lagi permukaan jeans sehingga bagian dalam ada diluar, lalu lipat yang rapi. Setelah itu masukkan ke dalam kantung plastik bening, tekan sampai semua udaranya keluar dan segel serapat mungkin.

Jika sudah, masukkan celana yang sudah dibungkus plastik ke dalam lemari pembeku selama 24 jam. Setelah 24 jam berlalu kamu bisa mengeluarkan celanamu dan menyentakkannya beberapa kali agar tidak kaku sebelum memakainya. Metode freezer ini membuat kain jadi lebih segar dan nyaman dikenakan! Selamat mencoba Sobat Evoucher.

 

Sumber: life.idntimes.com