Kuliah Sambil Kerja? Bisa Banget Kok!

Kamu mahasiswa dan punya kemampuan di bidang-bidang tertentu? Tapi, kamu masih lebih suka nongkrong ketimbang kerja? Mungkin kamu kudu pikir-pikir ulang karena sebagai mahasiswa kamu bisa menyambi sebagai part timer, selain nambah uang saku juga bisa tambah-tambah pengalaman kamu loh. Mau kerja tapi takut gak bisa? Tenanggg!!! Mahasiswa bisa banget kok kuliah sambil kerja.  Nah, yuk intip kerjaan apa aja sih yang mungkin dilakukan oleh mahasiswa?

1. Penulis Lepas.
Sumber: Pixabay.com

Doyan nulis? Sayang aja kalau kesenanganmu yang satu ini disia-siakan. Segera buka laptop, cek apakah ada media online yang buka lowongan sebagai penulis lepas. Atau, kamu bisa juga buka forum jual beli untuk mengumumkan bahwa kamu menjual jasa menulis.

2. Pemandu Wisata.
Sumber: Pixabay.com

Yang satu ini pas banget buat kamu yang ambil jurusan pariwisata dan akan makin pas jika universitasmu berada di daerah wisata, Yogyakarta misalnya. Mendaftarlah di agen setempat dan mintalah jadwal di akhir pekan agar tidak mengganggu studimu.

3. Guru Privat.
Sumber: Pixabay.com

Buat kamu yang punya sedikit bakat mengajar,, coba deh tawarkan jasa les privat. Dijamin banyak peminatnya lho! Apalagi kalau kamu bisa bahasa asing, terutama Inggris atau Mandarin, coba minta papa mama promosiin kamu ke temen-temennya bahwa kamu buka jasa les privat.

4. Reporter Kontributor.
Sumber: Pixabay.com

Tinggal di daerah pinggiran? No problem! Masih ada yang bisa kamu lakukan. Sekarang ini banyak media elektronik maupun online yang butuh kontributor di daerah pinggiran. Buatlah laporan bermutu tentang daerah tempat tinggalmu dan serahkan kepada mereka. Voila! Kalau kamu bisa atur waktu, pasti tetap ada waktu untuk belajar, nongkrong, kerja, bahkan istirahat cukup.

5. Proofreader.
Sumber: Pixabay.com

Kalau kamu pede dengan kemampuan bahasa Inggrismu, coba deh yang satu ini. Cuman, kamu butuh yang namanya kejelian, ketelitian dan kemampuan editing naskah. Kerja dari rumah, tapi uang tetep masuk kantong!

6. Penerjemah.
Sumber: Pixabay.com

Penerjemah nggak terbatas hanya untuk bahasa Inggris! Kalau kamu bisa bahasa Jepang, kamu bisa take a chance untuk menerjemahkan manga! Kerjanya fleksibel, plus kamu bakal ketemu relasi-relasi yang luar biasa.

7. Penyiar Radio.
Sumber: Pixabay.com

Hobi cuap-cuap? Salurkan dengan melamar di stasiun radio favoritmu! Kalau emang kemampuanmu dalam siaran oke punya, seringkali tawaran tambahan seperti jadi MC bakal berbondong-bondong datang lho!

8. Servis Laptop dan Smartphone.
Sumber: Pixabay.com

Ngaku tech geek? Salurkan kemampuanmu buat buka jasa servis. Kalau ada teman deket yang minta tolong, bantuin aja. Imbalannya, minta mereka menyebarkan bahwa kamu buka jasa servis.

9. Fotografer.
Sumber: Pixabay.com

Saat ini permintaan pasar akan mengabadikan momen dalam foto begitu tinggi. Kalau kamu punya kamera DSLR, jangan dibiarkan berdebu! Buka jasa fotografi. Mulailah dari langkah-langkah kecil seperti foto kenangan teman-temanmu.

10. Barista.
Sumber: Pixabay.com

Untuk para pencinta kopi, cobalah jangan sekadar minum kopi. Jadilah barista di kafe favoritmu dan pelajari seluk beluk kopi. Dijamin deh lebih asyik dan ilmunya bisa dipakai buat buka kafe sendiri! Sesuaikan jam kerja dengan jadwal kuliah biar nggak kacau.

11. Digital Designer.
Sumber: thewindowsclub.com

Ahli dengan Photoshop, Illustrator, maupun Corel? Kembangkan dan gunakan kemampuan tersebut bro, sis! Kamu bisa jadi digital designer. Selain menambah uang saku dan kemampuan, hal ini bisa dijadikan tambahan bagus buat portfolio!

 

Nah, itu dia 11 pekerjaan yang bersahabat dengan mahasiswa sob! Jangan nongkrong melulu deh, segera kurangi dan rintis usahamu sejak dini. Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu (kan perlu ekstra ketat sama waktu, tenaga dan disiplin), bersenang-senang kemudian. Sobat Evoucher, berminat?

 

Sumber: life.idntimes.com